Rabu, 07 Oktober 2015

Melek Keuangan ala ROBERT KIYOSAKI

Robert Kiyosaki adalah penulis Rich Dad Poor Dad, buku best seller dunia yang membahas apa yang diajarkan orang kaya kepada anak-anak mereka tentang uang yang tidak diajarkan oleh orang miskin dan kelas menengah. Dia juga menciptakan papan permainan CASHFLOW dan produk-produk finansial inventif lainnya. “Alasan utama orang bersusah payah dan bergumul secara finansial adalah karena mereka menghabiskan waku bertahun-tahun di sekolah tetapi tidak belajar apapun tentang uang. Hasilnya, orang belajar bekerja untuk mendapatkan uang, tetapi tidak pernah belajar bagaimana memiliki uang yang bekerja untu mereka.” Kata Robert.

Robert, yang dilahirkan dan dibesarkan di Hawaii adalah generasi keempat keturunan Amerika-Jepang. Dia beraal dari keluarga pendidikan yang terkenal. Ayahnya merupakan kepala pendidikan untuk negara bagian Hawaii. Selepasi SMU, Robert melanjutkan pendidikannya di New York dan setelah lulus, dia bergabung dengan U.S. Marine Corps dan pergi ke Vietnam sebagai perwira dan pilot helikopter yang bersenjata.

Sekembalinya dari perang, karir bisnis Robert pun dimulai. Pada 1977 dia mendirikan sebuah perusahaan yang memproduksi dompet “surfer” dari Velcro dan nilon yang pertama kali ada di pasaran, dan berkembang menjadi produk dunia yang menghasilkan uang jutaan dolar. Dia dan produknya ditampilkan dalam Runner’s World, Gentlemant Quaterly, Success Magazine, Newsweek, dan masih banyak lagi.

Pada 1985, dia ikut mendirikan sebuah perusahaan pendidikan internasional yang beroperasi di tujuh negara, mengajarkan bisnis dan investasi kepada puluhan ribu orang. Pensiun pada umur 47, Robert melakukan apa yang paling dia sukai, yaitu berinvestasi. Karena prihatin dengan gap yang terus melebar antara “yang kaya” dan “yang miskin”, Robert menciptakan papan permainan CASHFLOW yang mengajarkan permainan tentang uang, yang sebelumnya hanya diketahui oleh kaum kaya. Robert dianugerahi hak paten atas permainan pendidikan yang inovatif itu.

Sekalipun bisnis Robert adalah real estate dan mengembangkan perusahaan-perusahaan kecil, cinta dan gairah sejatinya adalah mengajar. Dia akui sebagai pembicara hebat tentang pendidikan finansial dan tren ekonomi. Karyanya yang mengubah hidup telah memberi inspirasi pada para audiens dari 50-35.000 orang di seluruh dunia. Pesan Robert Kiyosaki sangat jelas. “Bertanggungjawablah atas keuangan anda atau hanya menerima nasib sepanjang hidup anda. Anda bisa menjadi tuan atas uang atau budak uang. Terserah anda untuk memilihnya.” Di masa perubahan ekonomi yang amat besar ini, pesan Robert sungguh tak ternilai harganya.

Sebagian besar dari ajaran-ajaran Kiyosaki fokus pada menghasilkan pendapatan pasif dengan cara investasi peluang, seperti real estate dan bisnis, dengan tujuan untuk bisa mendukung diri sendiri hanya dari investasi semacam itu. Sejalan dengan hal ini, Kiyosaki mendefinisikan "aset" sebagai hal-hal yang menghasilkan cash inflow, seperti sewa properti atau bisnis-dan "kewajiban" sebagai hal-hal yang menggunakan uang tunai, seperti rumah, mobil, dan begitu di. Kiyosaki juga berpendapat bahwa keuangan leverage (keuangan) sangat penting untuk menjadi kaya.

Kiyosaki menekankan apa yang disebutnya "melek keuangan" sebagai sarana untuk mendapatkan kekayaan. Dia mengatakan bahwa kecakapan hidup seringkali paling baik dipelajari melalui pengalaman dan bahwa ada pelajaran penting yang tidak diajarkan di sekolah. Dia mengatakan bahwa pendidikan formal terutama bagi mereka yang ingin menjadi karyawan atau wiraswasta, dan bahwa ini adalah sebuah ide "Era Industri." Dan menurut Kiyosaki, dalam rangka untuk memperoleh kebebasan finansial, seseorang harus menjadi pemilik bisnis atau investor, guna menghasilkan pendapatan pasif.

Kiyosaki berbicara sering dari apa yang ia sebut "The Cashflow Quadrant," alat konseptual yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana semua uang di dunia diperoleh. Digambarkan dalam sebuah diagram, konsep ini mensyaratkan empat kelompok, dibagi dengan dua garis (satu vertikal dan satu horisontal). Pada masing-masing empat kelompok ada surat yang mewakili sebuah cara di mana seorang individu mungkin memperoleh pendapatan. Huruf adalah sebagai berikut.

*Dikutip dari “Tentang Penulis” buku The Cashflow Quadrant: Panduan Ayah Kaya Menuju Kebebasan Finansial dan Wikipedia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar